Masjid lawang kidul

 

Masjid yang terletak di jalan slamet riyadi, lorong masjid lawang kidul, kecamatan llir timur II , kota Palembang, provinsi sumatera selatan. Masjid lawang kidul di dirikan pada tanggal 6 syawal 1310 atau pada tanggal 23 april pada tahun 1893 masehi, yang di bangun dengan tanah waqaf dari Alm. Kyai marogan. Masjid lawang kidul juga termasuk masjid tertua yang berada di Sumatra selatan yaitu masjid agung Palembang atau biasanya di sebut dengan masjid sultan Mahmud badaruddin II dan juga masjid ki marogan. Jika kalian membutuhkan artikel yang lainnya dapat di lihat di website kami kubahmasjidd.com/

masjid lawang kidul atau biasanya di sebut dengan masjid ki marogan di mana masjid tersebut di bangun oleh kyai marogan pada abad dan juga era masa masa perjuangan yang waktunya hamper bersamaan , masjid lawang kidul berada di tepi sungai musi, yang tepat di kelurahan lawang kidul, kecamatan llir timur ll, kota Palembang , provinsi sumatera selatan.

Yang lebih tepatnya juga berada di samping pelabuhan Boom baru , yakni sebuah pelabuhan tua yang berada di tepi sungai musi yang juga kini masih di fungsikan, di karenakan masjid ini memiliki jalan akses yang sempit dan di karenakan juga masjid ini di himpit oleh pemukiman pemukiman penduduk. Untuk memasuki masjid lawang kidul gang untuk menuju masjid tersebut hanya cukup di lalui oleh beberapa beberapa sepeda motor saja atupun dengan mobil hanya bisa di lalui dengan satu mobil saja dengan satu arah, karena juga di sekitar masjid lawang kidul juga merupakan kawasan padat penduduk.

Masjid lawang kidul juga termasuk bangunan bangunan situs yang bersejarah yang juga masih asli dari era penyebaran penyebaran islam pada akhir abad ke 18 m, sebuah arsitektur arsitektur bangunan  yang hampir mirip dengan bangunan masjid sultan Palembang yang pada masa itu menjadi masjid yang resmi kesultanan Palembang.

Sebuah arsitektur bangunan yang memiliki bentuk segi empat dengan atap yang berbentuk limas yang memiliki susun 3 yang juga sangat mirip dengan masjid agung demak, dengan kemiripan yang ada di antara masjid lawang kidul dan juga masjid agung demak memang bisa saja di maklumi , di karenakan pada saat itu masjid lawang kidul di bangun setelah masjid agung demak, yang bersangkut paut dengan raden fatah yang pada saat itu beliau sebagai kesultanan yang pertama di kesultanan demak yang juga merupakan putra prabu brawijaya yang berasal dari majapahit dan lahir serta tumbuh di daerah Palembang.

Sekilas tentang masjid lawang kidul serta sejarahnya yang tidak mencangkup keseluruhannya, semoga bermanfaat untuk semuanya dan terimakasih sudah mau mambaca .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *